6.30.2009

NASI TUMPENG


Biasanya nasi tumpeng disuguhkan pada saat merayakan sesuatu, entah untuk perayaan ulang tahun, 17 Agustus-an ato tujuh bulanan ibu yang sedang hamil. Kali ini gue lagi pengen aja bikin nasi tumpeng, ga ada perayaan khusus kok, cuma lagi pengen aja. Sebenernya dari minggu lalu uda pengen bikin ini, tapi ke pending terus, tar males-lah, ketemu resep laen yang lebih menarik lah....ada aja deh alesannya :). Nah, makanya kali ini gue membulatkan hati untuk bener2 bikin nasi tumpeng.

Nasi tumpeng gue sih simple banget, lauknya juga ga gitu banyak, cuma 3 lauk tok. Dan dengan peralatan seadanya (gue kagak punya cetakan nasi tumpeng booo...), akhirnya jadi lah nasi tumpeng ala Belzy's Kitchen :).

Nasi tumpeng ala Belzy's Kitchen terdiri dari:
1. Nasi Kuning
2. Urap Sayuran
3. Udang Goreng Tepung
4. Sambal Goreng Ayam




Nah, ada sedikit cerita nih di balik pembuatan urap sayuran. Ga tau apa karena daon salam yang uda expired (gue lupa liat expired datenya kapan :)), ato gue kasih air asem nya yang kebanyakan yah, kok kelapanya agak2 getir gitu :( hikssss......akhirnya urap sayuran nya kagak ke-makan deh, bisa sih kalo mau soalnya rasa getirnya masih ketutup kalo dimakan dengan sayur2annya. Tapi gue yang udah ga napsu gitu liat nya :(.

Hubby gue sih suka banget ama ni tumpeng, lebih-lebih nasi kuning dan sambal goreng ayam nya (ini sih modifikasi dari gue aja, soalnya hubby gue ga suka ati ampla ayam). Gue kagak suguhin si urap sayuran nya soalnya gue yakin banget dia ga bakalan doyan :).

Posting kali ini gue share resep nasi kuningnya dulu yah, yang laennya nyusul :). Gue cuma bikin 1/2 resep dari resep asli yang gue dapet-in dari wikibooks. (resep yang gue posting di bawah ini resep full)

Nasi Kuning

Bahan:
1 liter beras
1/4 liter santan (Belzy -- gue tambahin santan nya jadi 350 cc)
1 sendok makan kunyit, parut, rebus dengan 50 cc air, saring (Belzy -- gue pake kunyit bubuk yang dicampur air panas)
2 lembar daun pandan, dikoyak, ikat
2 lembar daun salam
1 batang sereh
1 sendok makan garam
1 sendok teh air jeruk nipis




Cara Membuat:
Campur santan dengan air kunyit, daun pandan, daun salam, sereh, dan garam, didihkan.
Kukus beras sampai setengah matang, lalu letakkan dalam panci, tuangi santan mendidih sambil diaduk hingga santan habis terserap.
Beri air jeruk nipis, aduk rata, lalu kukus kembali sampai matang.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment