7.04.2009

SAMBAL GORENG AYAM


Sebenernya gue masak ini minggu lalu pas gue bikin nasi tumpeng. Dan berhubung hari ini gue kagak masak apa2 (4th July booo......independence day....so independence day juga buat gue dari urusan dapur....huehehehhee.....). Dan gue inget2 masih ada beberapa resep lanjutan yang blom sempet gue posting di mari.

Sambal goreng ayam sebenernya hasil campur2 nya gue aja, harusnya kan sambal goreng ati ampla, cuma karena hubby gue ga doyan ama yang namanya ati ampla or jeroan jadinya gue modif dikit lah ini resep, hasilnyaaaaa.........enak juga lohhh....bole gue patenin jadi menu nih kalo lagi bingung mo masak apaan :). Resep aslinya masih dari wikibooks (satu set ama nasi tumpeng yang kemaren)

Ini diaaaa resepnyaaaa...........

Sambal Goreng Ayam

Bahan:
3 buah ayam fillet
3 buah cabe merah, buang biji, iris tipis, tumis sebentar (kalo gue langsung gue tumis sekalian dengan bumbu lainnya)
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
500 ml santan kental
Minyak goreng

Bumbu Halus:
6 buah cabe merah
6 butir bawang merang
3 siung bawang putih
3 buah kemiri
1 sendok teh terasi
1 buah tomat
1 sendok teh garam
Sendok teh gula merah

Cara membuat:
Cuci bersih ayam, potong kotak2 menyerupai dadu, sisihkan.
Tumis bumbu halus, salam dan lengkuas sampai harum. Setelah itu masukkan ayam. Aduk-aduk sampai ayam terbalut bumbu. Tuangkan santan, masak sampai kuah mengental. Angkat.
Taburkan diatas sambal goreng.

No comments:

Post a Comment