6.26.2009

GADO GADO


Akhirnya bisa ikutan juga Masbar kali ini :). Sebenernya udah pengen ikutan dari Masbar bulan Mei kemaren, tapi berhubung waktu itu menu nya ayam, dan saat itu gue lagi istirahat makan ayam, so gue ga bisa ikutan deee...padahal udah nanya bolak balik ke Deetha... (huehehehe sori dori mori ya Deet, waktu itu uda nanya dengan penuh semangat, ehhh kagak ikutan :))

Nah, pas baca menu untuk bulan ini sayur nusantara, cepet2 deh mikir mo bikin apaan, berhubung uda lama banget kagak pernah makan gado-gado, gue putusin untuk bikin ini aja secara siapa sih yang ga kenal ama gado-gado :).

Buat resep, mungkin udah banyak orang yang tau yah cara bikin gado-gado. Pas bikin ini, gue sih bikin kagak berdasarkan resep, jadi mbayangin gado-gado deket rumah di Jakarta dulu. Gado-gadonya muantebbbb banget. TOP deh pokoke.

Untuk ibu2 pengurus Masbar, inilah gado gado dari dapur aye :)....


Gado Gado

Bahan:
Saus Kacang:
350 gram kacang tanah
5 buah cabai rawit merah (kalo mau lebih pedes, ditambahin aja cabai nya)
150 cc air asam jawa
100 gram gula jawa (ini juga kalo suka manis, boleh ditambahin gula nya)
Garam secukupnya

Sayur Pelengkap:
100 gram tahu, potong dadu, goreng
150 gram kol, iris kasar
100 gram kacang panjang, potong sepanjang korek api
100 gram labu siam, potong bentuk korek api
150 gram bayam, ambil daunnya saja
4 buah kentang rebus, iris bulat-bulat
4 buah telor rebus, iris bulat-bulat
Kerupuk udang secukupnya
Nasi secukupnya

Cara Membuat:
Saus Kacang:
1. Goreng kacang tanah dengan api sedang (hati2 jangan sampai kelamaan gorengnya, nanti bumbu kacangnya jadi pahit), sampai berwarna kecoklatan. Keringkan dari minyak, lalu ulek hingga halus. Masukkan gula jawa, ulek hingga halus dan tercampur rata. Sisihkan
2. Ulek cabai rawit dan garam hingga halus, campurkan ke dalam adonan kacang, aduk rata. Tambahkan air asam, aduk hingga saus kacang menjadi kental. Sisihkan.

Sayur Pelengkap:
Rebus bayam, labu siam, kacang panjang, kol dan goreng tahu. Tata semua sayur pelengkap di atas piring saji. Siram dengan saus kacang. Sajikan dengan kerupuk udang dan nasi hangat.

No comments:

Post a Comment