7.08.2009

SATE MANIS (SWEET SATAY)



Sate ayam ini gue bikin kemaren, berhubung kemaren cuaca agak mendung dan bikin pencahayaan buat sesi moto kagak bagus, jadi kemaren itu cuma keburu moto si goi cuon :). Jadi baru skarang deh gue bisa posting sate ayam ini :).

Sate ini beda loh ama sate yang dimakan pake bumbu kacang. Sate manis ini ga perlu dipakein bumbu (uda enak soale...:)). Resep sate manis ini gue dapet dari nyokap gue, dulu waktu kita smua masih komplit tinggal di satu rumah, nyokap sering banget bikin sate manis, tapiiii dulu nyokap bikinnya dari babi, kita sekeluarga hobi bener ama sate manis bikinan nyokap.

Kali ini gue bikinnya dari ayam, soale hubby gue ga gitu nge-fans ama daging babi, so mo ga mo gue ganti deh dagingnya, meski sih kalo gue bilang lebi enak yang dari daging babi, tapiii ayam juga lumayan kok.....enak juga :).

Oiya, kalo nyokap dulu manggang satenya pake panggangan gitu, yang model dikipas2. Kalo gue, berhubung gue agak2 males (kalo pake panggangan yang dikipas lama booooo....), jadi gue manggang di oven deh........Satu lagi info, jauh lebih enak kalo satenya dipanggang di panggangan manual (alias mesti ngipas2) dibanding manggang di oven, karena kalo manggang di oven, satenya jadi agak2 kering........So, buat yang mo bikin sate ...... silahkan milih yaaa mo pake oven apa panggangan biasa :).

Skarang mendingan kita nyate dulu yukkkkkk.....;)

SATE MANIS (SWEET SATAY)

Bahan:
1 kg daging babi khas dalam (bisa diganti ayam)
1 pak tusukan sate.

Bumbu halus:
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm ketumbar (coriander)
3 butir kemiri (candlenut)
1 ruas lengkuas (galangal)
1 batang sereh (lemon grass)
1 buah gula merah (bisa diganti dengan gula pasir)
2 butir jeruk nipis ambil airnya
5 sdm kecap manis
Garam secukupnya

Cara membuat:
Cuci bersih daging babi/ayam, tiriskan, lalu potong kotak-kotak sedang, sisihkan
Haluskan semua bumbu (kecuali air jeruk nipis dan kecap manis)
Campur bumbu halus dengan daging yang sudah dipotong, dan campurkan pula air jeruk nipis dan kecap manis. Aduk rata.
Tusukan daging dengan tusukan sate sampai daging habis, kemudian rendam daging dengan sisa bumbu. Sisihkan. (persiapan bisa dilakukan sehari sebelumnya lalu simpan ke dalam lemari es)
Lumuri panggangan dengan minyak (atau bisa menggunakan oven), lalu bakar sate di atas api sedang hingga matang.

No comments:

Post a Comment