7.26.2009

SATE PADANG


Whewwww.........ternyata bisa ikutan Masbar bulan ini. Pas baca menu nyate untuk masbar bulan ini, gue sempet mikir ga ikutan, soalnya baru beberapa minggu lalu gue nyate plus skarang udaranya lagi puanassss buanget......jadi agak2 males manggang2 yang pastinya menambah hawa panas di rumah gue.... hehehehe.....

Tapi ternyata oh ternyata......minggu lalu hubby gue beli daging sapi ampe 15 pounds.....secara uda lama banget gue kagak masak en makan daging sapi (kan critanya lagi mo idup sehat, tapi kok lama2 bosen juga yah makanin ikan en udang....akhir2 ini nambah ayam....huehehehe). Trus, gue pikir2 mo diapain aja yah ini daging sapi.....dannnnn pas kebetulan gue lagi liat2 resep di internet ehhhhhhh ngeliat sate padang.....uihhhhh langsung gue semangat pengen bikin sate padang...hihiih....abis uda brapa taon nih gue puasa makan sate padang (mo nyari di mana juga sate padang di sini).

Akhire dengan semangat baja....(cieee...lebay banget ga sehhh), langsung gue siapin bahan2 buat bikin sate padang ini. Untuk resepnya, gue nemu banyak banget ibu2 yang bikin sate padang, akhire gue mix and match lagi deh dari beberapa resep disesuaikan ama bahan2 yang gue punya.

Trusssss.....saking pengen makan sate padang komplit sama lontongnya, gue bikin juga skalian ama lontongnya yang resepnya gue ambil dari sexy chef. Enak lohhhh lontong-nya mbak Rieke ini, patut dicoba :).

Meski agak2 gempor bikin sate padang komplit, tapi rasanya puasssss banget pas hubby gue bilang enak dan dia makan banyak banget :), pastinya gue juga puas soalnya lidah gue ketemu ama si sate padang :)......

Akhir kata, halah.....buat emak2 pengurus Masbar, ini sate padang dari dapur kuwhhh...


Sate Padang

Bahan:
600 gram daging has sapi
1 liter air untuk merebus daging
1 sdt garam

Saus:
2 lb daun kunyit (optional -- gue ga pake soalnya ga ada daun kunyit di sini)
2 batang sereh, memarkan
3 cm lengkuas
6 lb daun jeruk
2 sdm air asam
4 sdm tepung beras
1 sdm tepung tapioka
275 ml air kaldu sapi (bekas rebusan daging sapi)

Bumbu halus:
2 sdm sambal oelek
1 sdm cabai bubuk
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri
2 cm jahe
1/2 sdt ketumbar
1 sdt jintan
1/2 sdt kunyit
1 sdm bubuk kari
1 sdt garam

Pelengkap:
Lontong/ketupat
Bawang goreng

Cara:
Rebus daging sapi sampai berubah warna atau setengah matang.

Tumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk dan sereh sampai harum. Masukkan daging sapi yang sudah direbus, aduk rata. Tambahkan air kaldu, masak hingga bumbu meresap dan daging empuk.

Pisahkan daging sapi yang sudah matang dari bumbunya. Tusukan daging sapi dengan tusukan sate. Lakukan sampai daging habis. Lalu panggang di atas wajan yang sudah diolesi minyak, panggang hingga matang sambil sesekali di olesi minyak (biar satenya tidak terlalu kering).

Saus: campurkan sisa bumbu, air kaldu, tepung beras dan tepung tapioka. Panaskan di atas api besar, aduk hingga bumbu sedikit mengental. Masukkan air asam, aduk hingga saus matang dan mengental.

Hidangkan bersama lontong dan bawang goreng.



Lontong

Bahan :
Beras secukupnya
Daun pisang secukupnya (kalau daunnya kaku coba dipanaskan diatas api kompor biar lemes, untuk lontong ini bagian hijau daun ada didalam).

Cara membuat :
Setelah beras dicuci bersih, rendam dulu kira2 30 menit.
Gulung daun dengan bagian hijau didalam, isi beras kegulungan tersebut
Isi hanya setengah bagian dari keseluruhan panjang lontong.
Susun lontong didasar panci, isi panci dengan air hingga terendam lontong2 tsb
Masak kira2 1 jam setelah desis baru matikan api, dilihat kalau belum matang bisa diteruskan memasak lagi hingga matang.

No comments:

Post a Comment