7.09.2009

RISOLES


Pas bikin risoles ini, jadi ngingetin gue ama abang gorengan di depan sekolah gue waktu SMP dulu. Tapi kulit risol-nya agak2 keras gitu, sedangkan risol yang gue bikin ini kulitnya lembut. Gara2 si abang risol itu, isi risol gue kali ini gue pakein bihun karena emang risol nya abang gorengan cuma isi bihun :) (kan mur mer...hihiihi).

Gue ga crita banyak2 deh, soale gue uda ditungguin hubby gue mo nonton :)....sambil makan risol yukkkkk.....


Risoles

Bahan:
Kulit:
100 gram tepung terigu
1 butir telur, kocok lepas
250 cc susu segar
1/2 sdt garam

Isi:
150 gram daging ayam, cincang
100 gram kentang, potong dadu
100 gram wortel, parut kasar (pake parutan keju)
1 pak bihun (vermicelli rice noodle), rebus
3 siung bawang putih, cincang
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada
1 sdt kecap kikkoman
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
Kulit:
Campur semua bahan aduk hingga rata. Panaskan wajan ukuran sedang yang sudah diolesi minyak dengan api besar. Tuangkan 1 sendok sayur adonan dan putar2 wajan hingga wajan tertutup oleh adonan (buat seperti dadar telur). Diamkan sebentar hingga kulit risoles matang (atau sampai pinggir kulit risoles bisa di lepaskan dari wajan). Lakukan hingga adonan habis.

Isi:
Panaskan minyak di wajan sedang dengan api besar, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, wortel, kentang, bihun, garam, lada dan kecap kikkoman, aduk rata hingga matang.

Taruh 1-2 sdm isi, lalu taruh di atas selembar kulit risoles, kemudian lipat kedua sisi kulit ke arah tengah, kemudian gulung (atau lipat seperti melipat amplop).
Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng risoles hingga berwarna kuning kecokelatan. Sajikan hangat dengan sambal botol atau cabai rawit.

No comments:

Post a Comment