7.05.2009

CORN SOUP (SUP JAGUNG)


Still in independence day mode on......( halahhhhh alesan!!), pagi ini gue bikin sup jagung. Kalo di keluarga gue, sup jagung ini merupakan salah satu menu ultah.....mungkin karena buat kita sup jagung ini termasuk makanan western, jadi dianggep lebih spesial dibanding makanan yang laennya :).

Jadi dulu tuh, tiap ada yang ultah di keluarga gue, nyokap gue selalu bikin 3 menu utama : mie kangkung, mie goreng dan sup jagung. Kami anak2 uda tau deh menu2 ini yang bakalan keluar di hari ultah, dan karena kami (terutama gue hehehe) suka banget ama menu ultah ini, gue senengggg banget kalo ada yang ultah biar kata bukan gue yang ultah...hahahaha.

Kalo dulu my mom selalu nambahin sosis di sup jagungnya, tapi kali ini gue ga pake sosis (ga ada stock booo...)

Ayoooo.....ayooo....ada yang ultah ga hari ini, nyobain sup jagung ala Belzy's Kitchen yukkkk.... :)
Gampang kok tinggal cemplung...plung...plung.... :)

Corn Soup (Sup Jagung)

Bahan:
3 potong ayam fillet, rebus, suwir2
1 kaleng sweet cream corn
4 cups jagung manis (gue pake yang frozen punya)
3 butir telur, kocok lepas
10 butir telur puyuh, rebus
1 liter air
1 sdt garam
1 sdt gula
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm soy sauce kikkoman
20 cc air yang sudah dicampur dengan tepung tapioka (pake sagu atau corn starch juga bisa)
Sambal botol secukupnya.




Cara membuat:
Didihkan air lalu masukkan ayam fillet, rebus sampai ayam matang. Angkat ayam, sisihkan hingga dingin. Lalu suwir2 ayam yang sudah tidak panas, sisihkan.

Didihkan air kaldu ayam (air bekas rebusan ayam), lalu masukkan sweet cream corn, jagung manis, ayam, telur puyuh, garam, gula, merica bubuk dan soy sauce, aduk rata. Masak terus hingga mendidih.

Jika sup sudah mendidih, masukkan kocokan telur dan aduk cepat hingga telur menyerupai serat. Masak kembali hingga mendidih, lalu tambahkan campuran tapioka. Aduk cepat hingga sup sedikit kental. Matikan api, angkat.

Sajikan hangat dengan sambal botol.

No comments:

Post a Comment