8.31.2009

KETOPRAK



Hubby gue nanya apa sih ketoprak itu? Nah loh, gue juga agak bingung neranginnya, akhire gue bilang aja, "this is cold tofu noodle salad". Abis gue pikir, ketoprak kan 1/2 raw 1/2 cooked plus dimakannya ya dalam kondisi dingin (suhu ruangan) gitu. Dia sih manggut2 aja pas gue terangin ketoprak tuh apaan...hihhiihi.

Ketoprak gue sih asli super duper simple deh, ini juga gue bikin gara2 gue liat foto cici nya temen gue yang pulang indo trus ehhhh ada foto dia lagi makan ketoprak!!......dooohhhh bikin gue ngiler aje. Bener deh, paling sengsara kalo lagi liat foto temen2 gue yang pada balik indo trus mreka yah ga laen ga bukan motoin makanan2 indo!! Trus waktu gue sms an ama koko gue di Jakarta, gue bilang ama dia gue lagi pengen makan ketoprak, trus dia bilang bikin ajaa gampang kan (yeeeee om, maen gampang aje yeeee :)).

Tapiii biar pun simple, tetep deh yaaa lidah gue dimanjain ama ketoprak :). Rasanya juga lumayan mirip ama ketoprak abang2 itu, bedanya cuma ketoprak gue kagak gue ulek bumbunya, tapi gue tumbuk....wahahahaahaha....

Hubby gue doyan aja tuh, dia makan ketoprak ama lontong ama krupuk bawang deh.....untung juga sih hubby gue gampang bener makan nya plus dia doyan banget ama makanan asia, aduhh kalo kagak gue yang bisa pingsan deh kalo mesti makan burger mulu tiap ari....huehehehehe....

Buat para expatriate yang tinggal nun jauh dari indo, ini nih resep simple ketoprak dengan sgala bahan yang bisa di dapet di asian market dekat rumah anda (wahahaha kayak iklan supermarket jadinya)...


Ketoprak

Bahan:
100 gram bihun, rebus hingga empuk
1 pak tahu goreng (bisa dibeli di asian market tahu yang sudah digoreng)
100 gram toge, siram dengan air panas.
Lontong secukupnya
2 siung bawang putih
100 gram kacang tanah, goreng
2 buah cabai rawit (atau sesuai selera)
2 sdm air asam jawa
1/2 sdt garam
1 sdm gula jawa yang sudah disisir
Air secukupnya (Belzy -- 1/2 gelas belimbing air)
Kerupuk bawang secukupnya

Cara Membuat:
Haluskan bawang putih, cabe rawit, garam, kacang tanah dan air asam hingga halus. Tambahkan air secukupnya hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Masukkan toge, bihun dan tahu goreng, aduk rata hingga tertutup bumbu kacang.
Potong lontong, tata diatas piring. Tambahkan ketoprak di atasnya. Sajikan bersama kerupuk bawang.


No comments:

Post a Comment