8.01.2009

KUE SOES



Haaaaa.....ini dia kue kesukaan gue tiap kali gue ke Bandung selaen brownies Amanda.....Soes Merdeka.....pasti pada tau kan kue Soes Merdeka ini lumayan terkenal. Sebenernya sih, di Jakarta juga banyak yang jual kue Soes Merdeka, tapi kalo belinya langsung dari kota asalnya kok rasanya beda yah....heheheehhe mungkin karena kalo beli langsung dari Bandung, kue nya masih fresh from the oven dibanding yang uda di pak2 in trus di kirim ke Jakarta :).
Kelebihan dari kue Soes Merdeka ini adalah wangi rum nya yang berasa banget .... tapi mungkin kalo yang ga doyan wangi rum yaaaa pasti ga gitu doyan nih ama kue Soes Merdeka :).
Terakhir kali gue makan kue Soes Merdeka kayaknya uda lama banget deh, soalnya terakhir gue ke Bandung gue kagak mampir ke toko Soes Merdeka ini.

Anyway, balik ke menu snack gue ni ari, gue bikin lah kue soes, tapi versi gue untuk fillingnya (a.k.a vla). Gara-gara gue keabisan stok susu, jadinya gue cuma pake sirup nangka dari nangka kalengan plus coklat en gula, akhire jadinya vla coklat nangka. Oalah....apa yah rasanya coklat nangka gitu? Tenang2, rasanya tetep rasa coklat kok bau nangkanya ga gitu kerasa, paling kalo buah nangkanya ke gigit, nah baru deh berasa nangka nya :).

Oya, buat resep nya gue dapet resepnya dari Mas Budi, sebenernya my mom punya resep puff soes ini tapi sedikit lebih rumit cara pembuatannya dibanding yang gue dapet dari Mas Budi, naahhh berhubung gue lagi pengen cepet, jadinya gue pake resepnya Mas Budi deh. But next time I would like to try my mom's recipe :)....


Kue Soes

Bahan:
Puff :
125 g margarin
125 g tepung terigu protein sedang/cap segi tiga biru
4 butir telur ayam
250 ml air
1/4 sdt baking powder
1/2 sdt garam halus

Vla:
300 ml susu tawar cair
4 sdm tepung maizena
2 sdm tepung terigu
75 g gula pasir
2 butir kuning telur
1 sdm mentega
1/4 sdt pasta vanili
1 sdm rum
1/4 sdt garam


Cara Membuat:
:
1.Kulit: Didihkan air, margarine dan garam. Rebus hingga mendidih. Masukkan tepung terigu, masak sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan yang kental, licin, kalis tidak lengket di panci. Angkat.
2.Setelah adonan hangat, masukan baking powder dan telur satu persatu sambil dimixer atau diaduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
3.Tuang adonan ke dalam plastic segi tiga/piping bag yang telah diisi dengan sepuit bintang. Semprotkan adonan di atas loyang beroles margarin.
4.Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 200oC hingga kue mengembang, matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.
5.Potong sisi kue, isi dalamnya dengan vla. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
6.Vla: Larutkan tepung maizena, tepung terigu, gula dan garam dengan susu tawar cair. Masak hingga mendidih, mengental dan matang. Angkat. Selagi panas, tambahkan mentega, vanili, kuning telur dan rum. Aduk rata. Dinginkan. Vla siap digunakan..


NOTE:
1. Jangan memasukan telur ketika adonan masih di atas perapian atau adonan masih panas. Akibatnya adonan tidak akan mengembang karena telur menjadi matang. Masukan telur ketika adonan sudah suam-suam kuku.

2. Jangan membuka oven ketika adonan belum mengembang sempurna dan kokoh. Perubahan suhu secara drastis ketika oven dibuka akan menyebabkan adonan turun dan bantat.

No comments:

Post a Comment