8.16.2009

TALAM UBI


Dapet resepnya dari NCC Indonesia. Pas gue liat ini resep langsung aja deh gue gratakan di dapur secara gue masih punya sisa ubi bekas bikin biji salak minggu lalu. Talam ubi kue fave gue ama nyokap dulu, nyokap sih lebih suka talam ebi, tapi kalo gue lebi suka talam ubi ama talam hijau...uihhh uenakkkk banget dehhh :) (gile perasaan dulu waktu masih di indo gue ga segini bahagianya makan kue talam :)).

Tapiiiii.....berhubung gue kagak punya cetakan kue talam, akhire gue bikin pake cetakan yang ada deh, abis itu gue potong2 kotak...hehehehe...tapi jadinya lucu juga kotak2 gitu, cuma sayangnya kurang tinggin nih kue talam gue :(. Gpp deh ya laen kali bikin yang tinggian :).

Unfortunately, hubby gue kagak sukaaaa......dia bilang kue apaan nih kenyel2 kayak jelly...wahahaahaha.....yahhh kue enak gini dia kagak doyan :). Ya sutra, akhire gue deh yang kebagian jatah ngabisin nih kue talam, untung kagak banyak jadi gue masih sanggup ngabisin :).

Ga tau kenapa emang akhir2 ini gue lagi keranjingan bikin makanan asli Indo deh, entah karena sub-conscious gue emang lagi kangen ama keluarga ato mo ikutan rayain 17 Agustus-an yahh...huehehhee...entah lah, yang penting gue lagi enjoy banget makan ini kue talam ubi...hihihih........ada yang mau gaaaaaaa.....*wink wink*


Talam Ubi

Bahan untuk bagian bawah :
300 gr ubi merah/putih, kukus, haluskan
250 gr gula
300 cc santan encer
70 gr sagu
35 gr tepung beras
1/2 sdt garam

Bahan untuk bagian atas:
300 cc santan
100 gr sagu
20 gr tepung beras
1/2 sdt garam
1 sdt vanili essence

Cara membuat:
1. Untuk bagian bawah, semua bahan dicampur, dihaluskan lalu disaring.
2. Untuk lapisan atas, aduk semua bahan.
3. Panaskan cetakan kue talam + 5 menit.
4. Isi cetakan dengan adonan bagian bawah antara 1/2 - 3/4 penuh, lalu kukus selama 10 menit, tuang lapisan atas, kukus lagi 8 menit.
5. Angkat, tunggu dingin lalu keluarkan dari cetakan



No comments:

Post a Comment

Post a Comment