8.04.2009

FRIED BEEF KWAY TEOW (KWETIAU SAPI GORENG)


Ahhh......ini dia makanan kesukaan gue :). Hari ini gue nemu kwetiau di asian market, orang sini sih bilangnya rice noodle. Begitu gue liat ini kwetiau, langsung tanpa ba bi bu lagi gue comot 2 kotak kwetiau (ehheheh maruk yaaaa...). Abis kwetiau ini kadang ada kadang engga, mungkin tergantung stok dan banyak orang yang beli kali yah, makanya agak susah nemuinnya.

Gue jadi inget, waktu masih di Jakarta, di daerah Mangga Besar ada resto namanya resto Kwetiau Mangga Besar, wuahhhh itu resto yah tiap malem pasti rame deh, lebih2 kalo weekend...ruame nya ga kira2. Nah di resto ini gue suka makan kwetiau sapi goreng ato kwetiau sapi siram. Dua2nya hao chi dahhh.... :). Juga ada satu lagi resto yang jual kwetiau sapi ini, namanya resto Kwetiau Hayam Wuruk, nah ini enak juga nih. Mreka punya cabang di Kelapa Gading, dan gue suka makan kalo gue lagi nginep di rumah koko gue di Kelapa Gading.

Dan, emang uda lama banget gue kagak makan (atopun bikin sendiri) kwetiau sapi. Jadinya, tadi pagi begitu gue liat si kwetiau di supermarket, langsung deh barbar gue....hihiiihi :). Akhire menu gue hari ini adalah Kwetiau Sapi Goreng......yummmm........uenakkkk bener.

Ayooo rame2 kita nyobain Kwetiau Sapi Goreng ala Belzy's Kitchen yoooo.......


Fried Beef Kway Teow (Kwetiau Sapi Goreng)

Bahan:
500 gram kwetiau
300 gram daging sapi, iris tipis sesuai serat dagingnya
2 buah wortel, potong ukuran korek api
4 batang daun bawang, potong ukuran korek api
2 siung bawang putih, cincang kasar
100 gram tauge
4 sdm kecap manis
2 sdm kecap asin
1 sdt kecap kikkoman
1/2 sdt lada
1/2 sdt garam
1 sdt kecap ikan
Cabe botol secukupnya.

Cara Membuat:
Tumis bawang putih dengan api sedang hingga harum. Masukkan daging sapi, masak hingga setengah matang. Kemudian masukkan wortel, aduk rata dan masak hingga daging sapi dan wortel matang. Tambahkan kecap manis, kecap asin, kecap kikkoman, lada, garam dan kecap ikan, aduk rata. Masukkan kwetiau, aduk hingga kwetiau berwarna coklat merata. Tambahkan tauge dan daun bawang, aduk dan masak hingga matang. Angkat dari api, sajikan hangat dengan cabe botol.


No comments:

Post a Comment