8.09.2009

CHOCOLATE MAYONNAISE SHEET CAKE


Pengen bikin kue tapi lagi ga punya telor, duh gimana yaaaa.....browsing2 ah ke blog tetangga....ehhhh ketemu juga resep kue yang ga perlu pake telor. Jenny emang jagonya baking deh... apa juga di baking ama dia pasti jadi (duwhhh jadi minder euyy soale untuk urusan baking gue sih masih mesti belajar banyak deh, sering bantet nya.. hehehehe). Pas liat foto plus resepnya di blog Jenny, langsung deh gue buru2 ke dapur buat siap2in baking. Yang menarik dari kue ini adalah pake mayonnaise sebagai salah satu bahannya. Baru kali ini nih gue bikin plus nyobain kue dengan bahan mayonnaise, soalnya biasanya mayonnaise gue pake buat bikin homemade thousand island ato buat makan roti deh. Jadi penasaran juga gue ama ni kue.

Pas jadi kue nya, agak2 pecah sih atasnya, tapi naek banget nih kue, cuma berhubung gue pake gula Splenda yang kagak semanis gula biasa, pas gue coba agak2 pait yahhh, gue rasa pait dari cocoa nya deh. Trus gue bikin aja choco glaze frosting yang manis banget biar rasa pait nya ketutupan. Selain gue pakein choco frosting di atas kue, juga kue nya ini gue belah 2 bagian tengahnya trus gue isiin choco frosting juga, maksud hati sih biar paitnya ilang.

Hasil akhir.......masih sedikit pait tapi bisa kemakan lah, dan ternyata oh ternyata hubby gue doyan benerrrrr.......dia makan kuenya sambil minum susu. Untung juga deh, kalo ga bisa kebuang deh kuenya soalnya gue mana sanggup ngabisin satu loyang gitu :).

Nah, cerita beralih sebentar ke bagian foto memfoto.......Setelah gue liat fotonya si noni satu ini dan sebelomnya gue liat foto2 makanan dari blog2 wong bul2, iseng2 gue ngikutin gaya foto2 mereka jadi kali ini foto gue sedikit copycat nih :). Tapi gpp deh, sekali2 kagak original idenya :).

Yo wes dehhhhh......mending nyicip kue mayonnaise ini yokkkkkk.........



Chocolate Mayonnaise Sheet Cake

Ingredients:
3 cups flour, unbleached, sifted
1/3 cup cocoa, baking
3 teaspoons baking soda
1/2 teaspoon salt
1 1/2 cups mayonnaise
1 1/2 cups sugar
1 1/2 cups water, cold
1 1/2 teaspoons vanilla extract

Method:
1. Preheat oven to 350 degrees F.
2. In a bowl, sift together the flour, cocoa, baking soda, and salt; set aside.
3. In the bowl of an electric mixer, combine the mayonnaise and sugar and beat at medium until blended.
4. With mixer running, gradually add the cold water and vanilla.
5. Add dry ingredients to mayonnaise mixture, beating until well blended, about 2 minutes.
6. Pour batter into buttered 13x9x2-inch baking pan.
7. Bake in 350 degree F oven 40 minutes or until cake tests done.
8. Cool in cake in pan on rack.
9. Cut cake in the middle into half, then spread it with choco glaze, cover it with another half of cake, then spread the rest of choco glaze on top of the cake.

Choco Glaze:
Ingredients:
4 ounces unsweetened chocolate bars
3 tablespoons butter
2 cups sifted powdered sugar (I substituted it to brown sugar)
6 tablespoons water

Method:
Melt chocolate and butter in the steamer. Add sugar gradually. Add water until consistency is thin for glazing.
Use immediately to drip or spoon over the cake or keep warm until needed.

No comments:

Post a Comment