8.06.2009

SATE PENTUL


Haaaa.........kali ini gue nyoba bikin sate pentul. Gara2nya ngeliat di blog nya Indonesian Food ada sate pentul, diliat dari gambarnya lucu juga nih, sate kok mentul2 gini. Nah, berhubung gue belom perna nyoba gimana rasanya, jadi tertarik buat bikin sate pentul ini. Tapi sayangnya di blog tersebut kagak ada resepnya, so mule lah gue ngandelin Mr. Google dan kluarlah smua website dan blog2 yang ada sate pentul-nya.

Akhire, dengan mix and match dari beberapa resep (yang rata2 memakai saus kacang sebagai dressing-nya), kali ini gue bikin sate pentul khas sendiri deh alias kagak pake saus kacang, plus menambah kurangi bumbu2 dari resep2 yang ada (sesuai dengan persediaan bumbu dapur gue juga sih :)). Hasilnya, lumayan enak tapi jujur aja gue ga terlalu suka banget. Hubby gue juga sama-nya deh ama gue, dia ga gitu suka ama sate pentul ini. Buat dia, sate padang is the best...hehehe....

Mungkin, nanti gue coba bikin pake saus kacang nya deh siapa tau jadi jauh lebih sedep dibandingin cuma makan satenya doang.

Ok dehhh.....mending skarang share resepnya aja yah, cara buatnya guampangggg banget......Enjoy!


Sate Pentul

Bahan:
3 lembar daging ayam fillet, cincang
1 butir putih telur
3 ikat daun bawang, cincang
20 tusuk sate (tusuk sate di dobel 2 lalu bungkus dengan alumunium foil)
2 sdm tepung tapioka

Bumbu Halus:
5 butir bawang putih
2 sdm sambal oelek
1/4 batang sereh
1/2 sdt kunyit bubuk
1 sdt jintan
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt lada

Cara Membuat:
Campur daging ayam cincang, bumbu halus, putih telur, tepung tapioka dan daun bawang, aduk rata.
Lilitkan adonan daging di tusuk sate. Kemudian panggang di atas wajan yang sudah di olesi minyak (atau bisa juga memakai BBQ grill), panggang hingga matang.
Angkat dan sajikan hangat.



No comments:

Post a Comment