8.29.2009

ONDE ONDE



Onde mande......ini waktunya kita makan onde2 :). Sbenernya, dari dulu gue ga gitu nge fans ama onde2, tapi ga tau knapa sejak gue jauh dari Indo dan susah nemuin makanan khas Indo, bikin gue jadi pengen makan smua jenis makanan Indo...hahahaahh ketauan deh hobi makan :). Mungkin gitu yah, giliran jauh aja jadi keinget2 mulu, tapi giliran deket diliat juga kagak :).

Jadilah, gue bela2in bikin onde2. Ternyata bikinnya ga susah, cuma agak2 ribet aja. Dari mesti kukus, ngalusin ampe dimasak lagi....ribet kannnn?? Tapi kalo emang udah kepengen banget sih it's worthed kok biar ribet juga :).

Gara2 hubby gue ga gitu suka ama ini onde2 akhire gue deh kebagian ngabisin nih onde2, yang ada skarang gue lagi blenger ama onde2 .... hihiih...yahhhh untuk beberapa waktu ke depan, gue istirahat bikin onde2 dulu, soale ntar urusannya gue lagi yang mesti ngabisin ... hehehe...

Resepnya sih gue dapet dari sini, kulitnya enak loh ga keras, trus kalo uda agak lama emang mengeras kulitnya, tapi tinggal masukin microwave, dia bakalan lembut lagi. Penasaran ga?? Kalo iya mending rame2 kita bikin onde2 yuuuukkkkkk...


Onde Onde

Bahan:
Kulit:
250 gr tepung ketan
25 gr tapung sagu (tapioka)
½ sdt garam
¼ sdt vanilla essence
15 gr gula pasir
1 butir telur
150 ml air hangat
100 gr wijen
Minyak goreng
Isi:
100 gr kacang hijau kupas
75 gr gula pasir
1 lembar daun pandan
¼ sdt garam
¼ sdt vanilla essence
50 ml santan



Cara Membuat:
Isi: kukus kacang hijau hingga matang dan empuk. Angkat, lalu haluskan selagi panas. Campur kacang hijau bersama gula pasir, daun pandan, garam, vanili dan santan . Aduk hingga rata. Masak dengan api kecil sampai adonan isi bisa dipulung (kalis). Dinginkan. Ambil adonan isi 10 gr, bulatkan.

Kulit: campur tepung ketan, tepung sagu, garam, vanilla, gula pasir dan telur, aduk rata. Tuangi air hangat sedikit demi sedikit. Sambil diuleni sampai kalis dan dapat di pulung. Sisihkan.

Ambil 15 gr adonan kulit, pipihkan. Taruh adonan isi, bentuk bulat hingga kacang hijau tertutup. Celupkan sebentar ke dalam air, lalu gulingkan dalam wijen.Goreng onde-onde dengan api kecil. Setelah onde-onde mengapung, besarkan api sedikit. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan

2 comments:

  1. Terimakasih atas resepnya mbx :) saya sudah coba buat dan maklum pemula,enak bagi saya tapi kurang telaten bikinya saia jadi onde-ondenya tidak bulat seperti bikinan mbx Belzy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Nisa :). Gpp kalo bentuknya masih blom bulet kan bisa dicoba lagi nanti :). Yang penting enakkkk :). Aku juga uda lama banget loh blom bikin onde2 lagi.

      Delete