8.08.2009

PEPES AYAM




Hari ini gue lagi kebingungan mo dibikin apa ya ayam gue. Bener lagi keabisan ide deh ni hari. Plus hubby gue lagi sariawan jadi dia ga bisa makan yang pedes gitu. Hmmmm........akhirnya gue minta bantuan ama Mr. Google deh buat nyari resep. Pas nyalain laptop, tiba2 kepikiran buat bikin pepes ayam.....yupppp that's it. Emang lagi punya stok daon pisang, plus gue ga pernah bikin pepes, jadi sekalian uji coba deh gimana bikin pepes :).

Dulu sih nyokap gue seringnya bikin pepes tahu, tapi karena gue kagak punya tahu ya uda bikin pepes ayam deh. Browsing sana browsing sini, akhire dapet juga resep yang kira2 cocok en kagak ribet2 banget bikinnya (soale gue nemu banyak banget resep pepes ayam dan ada yang ringkes cara bikinnya ada yang njelimet banget).

Akhire gue dapet resepnya dari sini yang kebetulan beliau tinggalnya di US juga, jadi pastinya bahan2 yang dipakai sesuai dengan yang tersedia di sini :). Tapi, gue kagak pake hati ayam nih, soale hubby gue kagak suka ama jeroan.

Yo wes, cepet2 deh gue siap2in semua bahan2nya, dan..........walaaa.....jadi juga pepes ayam gue. Enak juga rasanya, daging ayamnya lembut banget karena dikukus selama 1 jam. Hubby gue suka ama ni pepes, karena gue nge-cah seledri nanas ama daging sapi buat temen makan pepes ayam (agak2 ga nyambung yahhh menunya...:)), trus hubby gue komen rasa dua makanan itu pas banget dimakan barengan.....hahhaaha namanya wong bule asal enak deh yahhhh..... :).

Pepes....pepes....ayo kita makan pepes duluuuu.....Resepnya sesuai yang gue bikin yahhh, ada beberapa bahan yang gue ga pake nihhh....


Pepes Ayam

Bahan :
150 gr ayam tanpa tulang, potong-potong
6 batang daun bawang, potong-potong
1 batang serai, ambil putihnya, potong serong kira-kira menjadi 10 buah
10 lembar daun salam
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
Daun pisang untuk membungkus.
Bumbu halus :
3 bh bawang merah
2 bh bawang putih
4 bh kemiri
1 1/2 sdm sambal oelek

Cara membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan daging ayam, aduk hingga setengah matang.
Tambahkan garam, gula pasir dan kunyit bubuk, aduk rata. Masak sampai ayam matang dan airnya habis.
Setelah agak dingin, masukkan kira-kira dua sendok makan adonan ayam kedalam daun pisang, ditambah 1 bh potongan serai dan 1 lembar daun salam.
Bungkus rapat, semat ujungnya dengan lidi.
Kukus selama 1 jam.


No comments:

Post a Comment