8.18.2009

BEEF MEATBALLS (BASO SAPI)


"Abang tukang baso datanglah ke mari, aku mau beli..." lagu anak2 yang penyanyinya adalah.....dang! aye lupa sapa yang nyanyi, cuma itu lagu nempel banget di memory gue karena lagunya sederhana dan sangat masuk ke kehidupan sehari2...siapa gitu loh yang kagak pernah manggil abang tukang baso :).

Ngomong-ngomong baso, gue dari dulu2 pengen banget nyoba bikin baso sapi yang garing kayak yang dijual ...... baso Afung.....baso PSP.....baso Ahuat.....Baso2 yang gue sebutin tadi tuh yah itu baso yang paling top deh, selaen garing juga berasa banget daging sapinya. Ada juga baso si babe di depan rumah gue dulu di Jakarta.....murah meriah enakkkk...hehhehehe.

Lagi2 NCC jadi buku panduan gue bikin baso kali ini. Kenapa gue jadi tertarik bikinnya soalnya pembuatannya kok ga seribet resep2 laen yahhhh....akhire ya nekat deh nyoba bikin :). Hasilnya, lumayan enak cuma kayaknya gue kebanyakan deh ngasih tepung tapiokanya (di resep sih tepung sagu, tapi kan di sini kagak ada sagu :)). Kalo sagu nya ga kebanyakan, baso nya pasti enak bener dehhhh......tampangnya juga mirip baso2 yang dijual, cuma aja baso gue kagak semulus yang dijual di luar sana....baso gue agak2 penyok sana sini bentuknya...huehehehehee...

And, my hubby who is my number 1 fans (soale kalo engga nge-fans, alamat kagak makan dia..huehehehehe). Tapi bener loh, hubby gue suka ama itu baso, kayaknya gue bikin 20 baso, gue cuma kebagian 5 biji :). It's ok sih, mendingan dia doyan yah daripada kagak :).

Laen kali gue mo coba bikin lagi, tapi nanti gue mo kurangin tepung sagunya, biar lebih mantep lagi ....... yo wesss......mending nge-bakso dulu yukkkkk.....pake cabe, cuka dan lada yang banyak.........slurppppppp yummmmmmm....


Beef Meatballs (Baso Sapi)

Bahan:
250 gr daging paha dalam tanpa lemak
100 gr es batu
1 sdm garam kasar
40 gr sagu
1 ltr. Air mendidih.

Cara membuatnya:
- Blender daging dan es batu hingga halus, beri garam blender lagi hingga garam tercampur dan hancur. Masukkan tepung sagu, aduk rata.
- Siapkan dalam panci, 1 ltr air mendidih.
- Ambil satu genggam adonan daging, buat bulatan, celupkan dalam air mendidih. Biarkan hingga mengapung dan berubah warna.
- Sajikan hangat dengan irisan daun bawang dan cabe botol.


No comments:

Post a Comment