9.01.2009

HAKAU (HAR GOW)


Gara2 tadi pagi pas gue dianterin hubby ke 99 Ranch Market dan gue liat di sana ada dim sum resto dan dim sum nya itu all you can eat. Sebenernya sih gue uda liat itu resto sejak pertama kali gue ke asian market ini, juga uda lama gue pengen banget nyobain, yah meskipun gue bisa bikin beberapa jenis dim sum, tapi kepengen aja makan dim sum di resto (kan gue ga perlu cape2 bikin booo.... :)). Tapi....tetep hubby gue ga mau ...... *sobs*, sambil nyengir2 dia langsung bilang,"why should I pay to eat dimsum while I have a dimsum chef at home." Yaaaaa cape deeeeeee..........

Trus, pas di jalan pulang ke rumah, gue bilang ke hubby kalo gue mo bikin roti (rencana awal emang pengen bikin roti soale gue blom perna bikin roti), trus hubby gue ga mau roti, ya udah deh gue keinget si resto dimsum, akhire gue bikinin hakau.

Nah untuk hakau ini sendiri sebenernya ada beberapa nama. Ada yang bilang hakau (indonesian), atau har gow (singaporean), ada juga ha gow (entah cantonese entah mandarin). Seperti yang dibilang Shakespeare (duh bener ga yah??), apalah arti sebuah nama. Sama juga buat si hakau ini, orang bole aja ngasih nama beda2 yang penting rasanya enak :).

Resep kulitnya gue ambil dari buku resep dimsum nya Sisca Soewitomo, sedangkan resep isinya gue ambil dari beberapa blogs plus modifikasi ama bahan yang ada di dapur gue :).

Hubby gue begitu liat hakau yang masih ngepul, langsung pasang muka memelas sambil bilang,"is there any sample for me?"..........Yahhhhhh beneran ga bakal bisa nyobain dimsum di resto deeeeeee.............


Hakau (Har Gow)

Bahan:
Kulit (atau bisa dibeli tepung khusus Hakau, lalu ikuti instruksi yang tertera di pembungkus tepung):
80 gr tepung tang mian
50 gr tepung sagu atau tepung beras
125 ml air panas
3 sdm minyak goreng

Isi (udang dicincang):
300 gr udang, kupas kulitnya, cincang kasar
100 gr fish paste (optional)
2 btg daun bawang, iris halus
2 sdt tepung maizena/tapioka
1 sdm minyak wijen
1 sdt garam
½ sdt gula
½ sdt merica bubuk
1 butir telur ayam

Cara Membuat:
Isi : campur udang, daun bawang, tepung maizena, minyak wijen, garam, merica dan gula, aduk rata. Tambahkan putih telur dan tepung maizena, aduk kembali hingga rata. Sisihkan.
Kulit: campur tepung tang mian dengan tepung sagu atau tepung beras, aduk rata. Masukkan air panas, gunakan sumpit untuk mencampur, aduk rata, dan uleni hingga kalis. Bentuk jadi bulat mpanjang, olesi dengan minyak goreng. Tutup dengan plastik atau serbet. Potong adonan dengan ukuran 0.5 cm, pipihkan. Isi dengan adonan isi, lipat jadi bentuk hakau (bentuk kerang)
Kukus selama 15 menit hingga matang. Angkat, olesi dengan minyak goreng. Sajikan hangat dengan sambal botol.


No comments:

Post a Comment