8.10.2009

DADAR HIJAU GULUNG




Aaaaaa.....lagi maniak ama makanan indo nih akhir2 ini. Semua yang gue bikin dari menu utama ampe snack itu berbau indo semua......cieeee mentang2 mo 17 Agustus-an yakkkkk :).

Ni ari agak2 telat bangun, trus buru2 blanja groceries mingguan....halahhhhhh ampe siang masih blom masak apa2, jadilah gue grasa grusu cepet2 masak. Trus selese masuk, baru deh gue nyempetin bikin dadar hijau gulung ini. Resepnya gue lupa nyomot dari sapa soalnya ini resep uda gue catet dari kapan tau :(

Awal nge-dadar yah, aduhhhhh kok jadinya lembut banget, jadi pas mo mindahin dadarnya dari wajan ke piring langsung robek....hikssss.....ampe beberapa kali nge-dadar masih gitu juga, gue yang uda stress banget, keki rasanya!! Ampe mikir, nah loh ini kenapa kagak jadi gini yah, akhirnya gue tambahain air deh adonan dadar nya. Duhhhh untungggggg jadi juga. Trus gue mikir2 apa yang salah yahhh ampe bikin dadar gue robek2 gitu.....ternyataaaa gue makein santennya ke kentelan, harusnya santan yang encer banget......oalahhhhh ternyata oh ternyataaa, pantesan abis gue tambahin air, dadar nya jadi kuat ga robek2...(halahhh....ini bahasanya pegimana sih yaaaa, tapi pada mengerti kan yahhh maksud daku :)).

Sayangnya, pas sesi pemotretan gue da ketinggalan matahari.....jadinya pake bantuan lampu kuning, jadilah foto gue sedikit kekuning2an warnanya :)

Okie dokie.....critanya udahan dulu yahhh, gue mo makan dadar hijau gulung nya dulu yahhhh....ada yang mau?? ayoooo join gue.....;)



Dadar Hijau Gulung

Bahan:
Kulit dadar:
250 gr tepung terigu
500 ml santan encer
1 sdt pandan essence
1 butir telur
2 sdm mentega cair

Inti kelapa:
200 gr kelapa parut
200 gr gula jawa, sisir
2 sdm mentega

Cara Membuat:
Kulit dadar:
Campur semua bahan, aduk, sampai tepung larut dan tidak menggumpal
Panaskan wajan anti lengket, olesi sedikit olive oil
Ambil adonan secukupnya, tebar merata dalam wajan sambil diputar2
Tunggu sejenak sampai dadar masak seutuhnya sebelum diangkat (tidak perlu dibalik)

Inti kelapa:
Aduk kelapa, gula, dan mentega
Tambahkan sedikit air panas (agar kelapa parut menjadi lembut)
Masak dengan api kecil, aduk agar merata
Dinginkan, siap digunakan untuk dadar.

Penyelesaian:
Ambil selembar dadar, tambahkan 1 sdm kelapa inti
Gulung dadar berisi kelapa sesuai selera
Siap disajikan.....


No comments:

Post a Comment