9.03.2009

SIOMAY BANDUNG


Sebenernya gue agak2 bingung ama nama siomay yang satu ini, kenapa namanya jadi siomay Bandung yah? apa karena asalnya dari Bandung, tapi di Bandung itu kan adanya Batagor yah? Soalnya dari kecil gue taunya siomay model gini nih ya siomay abang jadi beda ama siomay yang di dim sum itu. Hubby gue juga nanya hal yang sama,"is this food originally from Bandung, so you called it siomay bandung?". Gue sih cuma ngangguk2 aja, meski dalem ati, "bener ga yaaa?".

Dulu, di rumah gue yang di Jakarta, tiap jam 3 sore selalu lewat tukang jualan siomay model siomay bandung ini, tapi dia jualnya dari daging babi......aduhhh itu siomay si engko (kita sekluarga namain siomay nya itu "siomay si engko" soalnya emang yang jualan engko2 *orang chinese*) enaknyaaaaaa ga ada duanya deh. Siomaynya itu yah berasa bener dagingnya, ga berasa sagu nya sama sekali. Tapi, bukan berarti gue ga doyan siomay abang yang dari sagu itu loh. Kita sekluarga juga punya langganan nih di depan rumah gue juga si abang mangkalnya, dan dia kalo mangkal skitar jem 11 siang gitu deh, dan bener2 dia berentiin gerobaknya di samping rumah gue pas, jadi kalo kita mo beli ga perlu buka pintu, tinggal sodorin piring dari balik pager...wahahahahaha :).

Nah kalo siomay gue ini gue bikin dari daging ikan, yang rasanya enak juga, soale kayaknya seumur2 baru kali ini deh gue makan siomay bandung dari ikan. Dannn.....sekali lagi, ini siomay bandung perdana-nya hubby gue, soale dia seumur2 kagak pernah makan siomay bandung. Doyan bener dia......senengnya gue punya hubby kagak picky soal makanan. Gue sendiri makan ga gitu banyak, paling 1 porsi lah. Ga tau kenapa ga mood aja makannya :(, mungkin kecapean bikinnya kali yah, jadi begitu ni siomay jadi, gue yang uda ga napsu duluan, abis kebayang dong ngerokin kentang ama tahu, trus ngisiin pake adonan dagingnya, blom lagi ngukusnya, uda mana kukusan gue ukurannya seciprit pula, jadi deh gue ngukus be-ronde2....wahahahhaa.
But, it's worthed when I saw my hubby liked it :)

Gue dapet resepnya dari hasil nyari di mbah Google, tapi gue asli lupa dari blog/website nya siapa ini resep :(. Jadi buat yang ngerasa punya ini resep, maap yahhhh gue kagak tulis nama blog nya.....resepnya enak loh, apalagi saus kacangnya ..... :), tapi resepnya agak2 gue modif nih :)
Rame2 makan siomay dulu yooookkkk....


Siomay Bandung

Bahan I :
▪500 gr ikan tenggiri haluskan (Belzy -- saya pake 250 gr fish paste + 250 gr ikan fillet)
▪2 sdt garam
▪2 bt daun bawang, iris halus
▪1 sdm ebi, haluskan
▪4 siung bawang putih, haluskan
▪150 ml air (Belzy -- saya skip)

Bahan II:
▪50gr tepung terigu
▪200 gr tepung kanji (sagu tani) (Belzy -- saya pake 3 tbsp saja)
▪150 gr labu siam/bangkoang serut halus

Bahan pelengkap:
▪kol rebus gulung-kentang belah 4-kulit siomay-tahu



Cara membuat:
■Campur bahan I dan II, aduk rata.
■Kerok sedikit bagian tengah tahu dan kentang untuk isian. Kemudian isi tahu-kentang-kulit siomay dengan adonan isi.
■Kukus sampai matang.

Saus kacang:
▪200 gr kacang tanah goreng
▪3 sdm gula merah sisir
▪1 sdt garam
▪5 siung bawang putih
▪50 gr kentang rebus haluskan
▪300 cc santan encer (Belzy -- boleh ditambahkan santan encernya hingga mencapai kekentalan saus yang diinginkan)

Cara Membuat:
Haluskan semua masak di-api kecil sampai mengental dan berminyak.


No comments:

Post a Comment