9.05.2009

NASI KEBULI


Kali ini kita sedikit ke nuansa mediterranian....yappp gue baru aja masak nasi kebuli, kayaknya nasi kebuli ini aslinya dari Turkey gitu deh (bener ga yaaa??). Sebenernya, ini yang kedua kali gue bikin nasi kebuli. Pertama kali masak nasi ini, gue pake brown rice, yang hasilnya kurang gitu enak karena brown rice itu kan agak lebih keras dibanding beras biasa. Jadi, kali ini gue bikin yang versi beras putih nya, dan hasil nya enak juga. Karena nasi ini menggunakan banyak herbs (of cos asian herbs), jadi waktu makan nasi ini, wangi yang keluar dari nasinya bener2 bikin gue serasa lagi makan di Turkey :).

Juga, cara masaknya ga susah2 amat, dan termasuk cepet loh preparing time nya (thank you buat IndonesianFood yang uda mosting-in resep ini). Gue makan nasi ini sama kerupuk bawang plus sambal ulek.....aduhhhhh enakkkk benerrrr, nasinya masih ngepul2 pula.......yummmm.... Ayoooo siapa yang mau ikutan nyoba nasi kebuli......

Nasi Kebuli

Bahan:
1 liter beras
½ kg daging ayam, potong bentuk dadu
1¾ liter kaldu ayam
½ sdt pala halus
3 butir kapulaga
3 butir cengkeh
2 batang serai, dimemarkan
Bawang merah goreng, untuk ditaburkan
3 sdm minyak samin atau mentega
Minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdm makan ketumbar
1 sdt jintan
1 sdt merica bulat
1 cm jahe
1 sdm garam
Minyak goreng

Cara Membuat:
Tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan dalam wajan sampai harum.
Masukkan daging ayam sampai matang.
Kemudian tuang ke dalam kaldu ayam, didihkan.
Masukkan beras ke dalam kaldu dan masak sampai kaldu habis.
Kukus sampai matang, angkat
Hidangkan dengan bawang goreng.

No comments:

Post a Comment