10.31.2010

HOT DOG BUNS



Who dislike hot dog? I bet, 99% people in this world like hot dog including myself :). The fact that I like hot dog made me challanged myself to make the hot dogs' bun. Ian Knauer's recipe is my choice this time and the recipe is really recommended for hot dog and burger buns.

Also, I used homemade bratwurst bramberger sausages. It is just so good and tasty!This time, I will share the recipe in English and Bahasa Indonesia.



Hot Dog Buns

Yield: 16 hot dog buns

For dough:
1 1/4 cups whole milk
1 cup heavy cream
1/4 cup warm water (105—115°F)
1 (1/4-ounce) package active dry yeast
1/4 cup sugar
5 cups all-purpose flour
2 teaspoons salt
16 pieces homemade bratwurst bramberger sausage

Equipment: a stand mixer fitted with paddle attachment and 2 (13- by 9-inch) baking pans (for hot dog buns)

Make dough:
Bring milk and cream to a bare simmer in a small saucepan over medium heat. Cool mixture to 105 to 115°F.
Meanwhile, stir together warm water and yeast in mixer bowl and let stand until foamy, about 5 minutes. (If mixture doesn’t foam, start over with new yeast.)
Add warm milk mixture, sugar, flour, and salt to yeast mixture and mix at low speed, scraping down side of bowl as necessary, until flour is incorporated. Increase speed to medium and beat 6 minutes. (Dough will be sticky.)
Transfer dough to a lightly oiled large bowl and turn to coat with oil. Cover with a kitchen towel (not terry cloth) and let rise in a draft-free place at warm room temperature until doubled, about 2 hours.



To make hot dog buns:
Butter baking pans. Punch down dough, then divide into 16 equal pieces (about 3 oz each). Roll each piece of dough into a 6-inch-long log on a lightly floured surface. Space 8 logs evenly in each pan so that there are 2 columns of logs that run parallel to long sides of pan.

Loosely cover buns with oiled plastic wrap and let rise in a draft-free place at warm room temperature until buns just start to touch, 1 1/2 to 2 hours.

Preheat oven to 375°F with racks in upper and lower thirds.

Bake buns, switching position of pans halfway through, until tops are golden and undersides are golden-brown and sound hollow when tapped, 20 to 25 minutes. Cool in pans 10 minutes, then transfer to racks to cool completely. Before using buns, pull apart and cut lengthwise down center of each (but not all the way through).

Notes:
•If you don’t have a stand mixer, stir ingredients together in a large bowl with a wooden spoon until a dough forms. Turn out dough onto a floured surface and knead, incorporating only enough flour to keep dough from sticking, until smooth and elastic, 7 to 8 minutes.
•Buns are best the day they are made but can be frozen in sealable bags up to 2 weeks.




In Bahasa Indonesia:

Roti Hot Dog

Untuk: 16 buah

Untuk Dough:
300 ml susu cair
250 ml heavy cream (krim kental)
62,5 ml air hangat (40-46`C)
1 paket (7 gr) active dry yeast
500 gr terigu protein sedang
2 sdt garam
16 buah sosis bratwurst bramberger

Peralatan: 1 buah stand mixer dengan paddle attachment dan 2 buah loyang kukis.

Cara Membuat:
Di panci kecil, rebus susu cair dan krim kental dengan api sedang hingga hampir mendidih (jangan sampai mendidih banget). Dinginkan sampai bersuhu 40-46`C.
Kemudian, aduk rata air hangat dan yeast di mangkok mixer, istirahatkan hingga berbusa, selama 5 menit. (kalau campuran yeast tidak berbusa, bikin lagi yang baru).
Tambahkan campuran susu, gula, terigu dan garam ke mangkok mixer yang berisi yeast, kocok dengan kecepatan rendah hingga terigu tercampur rata. Naikkan kecepatan mixer menjadi kecepatan sedang dan kocok selama 6 menit (tekstur adonan lengket).
Pindahkan adonan ke mangkuk yang sudah diolesi minyak, balikan adonan hingga bagian atas adonan teroles minyak juga. Tutup mangkuk dengan serbet (jangan gunakan serbet yang berpori) dan istirahatkan selama 2 jam di tempat yang hangat dan kering hingga mengembang.

Membuat roti hot dog:
Olesi loyang dengan mentega. Tonjok turun adonan, kemudian bagi menjadi 16 bagian (@85 gr). Ambil satu bagian adonan, kemudian roll adonan di atas talenan yang ditaburi terigu menjadi bulat panjang (gelondongan) berukuran 15 cm panjangnya.
Letakan adonan roti ke atas loyang secara memanjang, kasih jarak sedikit.
Tutup loyang berisi roti dengan plastik wrap yang diolesi minyak dengan longgar. Istirahatkan di tempat yang kering dan hangat selama 2 jam.
Panaskan oven dengan suhu 180`C dengan rak di bagian atas dan ketiga dari bawah.
Panggang roti selama 20 sampai 25 menit. Ganti posisi loyang di tengah2 waktu memanggang. Panggang hingga atas roti berwarna keemasan dan bagian bawah berwarna coklat keemasan dan jika roti di tepuk2 akan terdengar suara bergema.
Dinginkan roti di atas loyang selama 10 menit, kemudian pindahkan ke atas rak hingga benar2 dingin.

Cara Penyajian:
Belah roti hot dog secara memanjang, kemudian olesi dengan mayonnaise dan mustard, taruh sosis di atasnya. Sajikan.



Catatan:
1. Jika tidak memiliki stand mixer, aduk semua bahan di mangkok besar dengan sendok kayu sampai berbentuk dough/adonan. Uleni adonan ke atas talenan yang bertabur terigu. Uleni selama 7 sampai 8 menit sampai halus dan kalis.
2. Untuk hasil yang baik, sebaiknya langsung gunakan roti di hari pembuatan. Tapi bisa juga di simpan freezer di wadah kedap udara hingga 2 minggu.

10 comments:

  1. Suka makan hot dog juga, tp kadang2 doang. Di Jerman sini yg terkenal namanya 'Curry Wurst' - semacam sosis dipotong-potong trus dimakan sama saos tomat plus curry powder dan roti. Kalo kamu suka hot dog, pasti bakal suka 'Curry Wurst' juga :)!

    ReplyDelete
  2. @CG: iyaaaa.... aku suka hot dog sin :). Ah apa aja doyan dahhh....bener2 pemakan segala nih aku :).
    Ohhhh.....aku pernah liat tuh resep curry wurst, aduhhh tar mo coba bikin ahhhh....jadi itu makannya si curry wurst nya di taroin di roti yah? ughhhh jadi pengen bikin....

    ReplyDelete
  3. @Heather: thank you dear :)..

    ReplyDelete
  4. buset bel...u bikin juga tuh roti nya sendiri? hihi, kmren gw jg baru bkin hotdog...haha, tapi rotinya beli jadi di spmket...haha, jd tinggal masukin tuh sosis...huaaaa..ga kreatif bgt dah gw

    ReplyDelete
  5. @Sylvia: iye sil nyoba bikin rotinya ndiri :). huehehehe....biasanya gue juga beli jadi cuma aja lagi iseng banget trus penasaran pengen nyoba bikin roti hot dog ndiri :)....Kalo lagi ga ada kerjaan sih bole sil bikin ndiri, tapi kalo lagi ribet mah mendingan beli dah sil....:)

    ReplyDelete
  6. Bel, biasanya Curry Wurst makannya gak kayak hot dog. Rotinya pisah, bisa makan sama fries juga. Coba liat link nya di sini (kalo mau tentunya ;)):https://secure.wikimedia.org/wikipedia/en/wiki/Currywurst

    ReplyDelete
  7. @CG: aduhhh cegluk...cegluk....nelen ludah dahhh....kliatannya enak yah sin, aku da liat link nya. ughhh jadi beneran pengen nyoba bikin ahhhh......yummmm *uda ngiler duluan*. Thank you yah sin buat info nya :)

    ReplyDelete
  8. Bel, sorry aku lagi...Komen sampe 3 kali di sini ;)!. Aku baru kasih kamu award:), silakan kalo mau diambil. Tapi kalo gak mau jg gak papa, gak dipaksa kok...!!

    ReplyDelete
  9. @CG: gpp sin :). hihiihi.....mau dongggg....pasti aku ambil awardnya.....ma kasih ya sayyy :).

    ReplyDelete